Umiku: Mengenal Bahan Dasar Roti

Saturday, February 16, 2013

Mengenal Bahan Dasar Roti



TERIGU :
     Merupakan satu-satunya tepung yg dapat dipakai untuk membuat roti, karena terigu mengandung GLUTEN yg merupakan kerangka dasar roti. Terigu adalah tepung yg diperoleh dari gandum yg digiling.

Secara prinsip, terigu dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu :

1.  Terigu Protein Rendah.
     
     Terigu protein rendah berasal dari penggilingan gandum jenis soft atau lunak. Terigu jenis ini mempunyai sifat gluten yg lemah, kandungan proteinnya 8 - 9 %, sifat elastisnya kurang sehingga mudah putus. Terigu jenis ini biasanya digunakan untuk pembuatan cake, cookies dan kue kering. 
Contoh : Kunci Biru.

2.  Terigu Protein Sedang.
     
     Terigu protein sedang campuran dr jenis soft dan hard. Terigu ini mempunyai sifat gluten sedang, kandungan proteinnya 10 - 11 %, sifat elastisnya lumayan. Terigu Protein Sedang biasanya digunakan untuk pembuatan mie, roti dan keperluan rumah tangga. 
Contoh : Segitiga Biru.

3.  Terigu Protein Tinggi.
     
     Terigu protein tinggi dihasilkan dr penggilingan gandum jenis hard atau keras. Terigu ini mempunyai sifat gluten yg keras, kandungan proteinnya 11 - 12 %,sifat elastisitasnya baik sehingga tidak mudah putus. Terigu jenis ini biasanya digunakan untuk pembuatan mie dan roti.
Contoh : Cakra Kembar.





Catatan : Terigu yg memiliki kadar Protein Tinggi memerlukan air yg lebih banyak, agar gluten yg terbentuk dapat menyimpan gas sebanyak-banyaknya.