Umiku: Manfaat Air Kapur Sirih Bagi Masakan

Thursday, May 11, 2017

Manfaat Air Kapur Sirih Bagi Masakan

Jika sudah sampai disini tentunya kita sudah mengetahui tentang Pengertian kapur sirih, dan tentunya sekalian mamahami tentang Cara membuat air kapur sirih dari artikel yang dibaca sebelumnya.
Dan sekarang mari lanjutkan pembahasan kita tentang manfaat dari air kapur sirih ini bila dicampurkan kedalam masakan.

Tapi sebelum kita lanjutkan, terlebih dahulu perlu kita ketahui bahwa kapur sirih ini ternyata mengandung Kalsium yang lumayan tinggi yang tentunya jika dicampurkan kedalam olahan akan bereaksi dengan zat pati yang terkandung dalam beras atau tepung. sehingga akan mengakibatkan tekstur makanan menjadi lebih padat.
Dengan begitu inilah yang kita cari.

Manfaat :


  1. Makanan akan bertekstur lebih padat dan keras (tidak lembek).
  2. Air kapur sirih juga bisa membuat makanan menjadi lebih awet.
  3. Menurut sebagian orang akan menambah gurih rasa makanan.
  4. Air kapur sirih juga bisa digunakan untuk merendam buah-buahan untuk bahan membuat es buah, jadinya buah-buahan akan terasa lebih renyah.

Dan masih banyak lagi manfaat dari kapur sirih ini untuk makanan. Bagi yang ingin berkreasi dengan air kapur sirih ini dipersilahkan untuk mencoba-coba sendiri di rumah.


Oya...Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemakaian air kapur sirih agar makanan tidak menjadi terlalu keras.

Penting untuk diperhatikan adalah :



  1. Jika membuatnya harus direndam maka jangan terlalu lama merendamnya, cukup 60 menit saja.
  2. Jika digunakan untuk membuat gorengan, campurkan saja air kapur sirih kedalam adonan tepung, tapi jangan terlalu banyak agar tidak menimbulkan rasa pahit. gunakan perbandingan 1 liter air dicampur dengan 1 sendok makan air kapur sirih.

Demikian pembahasan tuntas mengenai pengertian air kapur sirih, cara membuatnya dan manfaat dari air kapur sirih tersebut untuk makanan, semoga bermanfaat dan silahkan mencoba.