Umiku: Sejarah Aloe Vera / Lidah Buaya dan manfaatnya.

Saturday, November 5, 2016

Sejarah Aloe Vera / Lidah Buaya dan manfaatnya.

      Lidah Buaya atau Aloe Vera ternyata bukan hanya sekedar tanaman hias belaka. Tumbuhan yang mirip dengan kaktus dengan daun yang tumbuh keatas dan kaku menyerupai lidah atau pedang ini ternyata mempunyai khasiat yang luar biasa bagi kesehatan.

     Mengingat perjalanan panjang tanaman ini keliling dunia dari tempat asalnya hingga sampai ke negara-negara Asia termasuk Indonesia, tentunya sangat menarik untuk kita simak.  


Sejarah Singkat

     Lily of desert ini sesungguhnya begitu istimewa. Ia berasal dari daerah yang beriklim kering dan panas di Afrika Utara, dan menyebar hingga Persia dan Mesir di Timur Tengah, Yunanai dan Itali di Eropa, Florida dan Hawai di Amerika hingga India, Jepang, Filipina dan Cina. Penyebaran sampai ke Asia dibawa oleh para pedagang dari Arab.

     Didunia ada sekitar 350 jenis Aloe, dan Aloe Barbadensis yang ditemukan oleh Phillip Miller pakar botani asal Inggris pada tahun 1768 paling banyak dimanfaatkan.

Warisan Bangsa Mesir

     Perkenalan manusia dengan lidah buaya dimulai berabad-abad lalu sebelum masehi. Terbukti dari temuan Artefak terbuat dari tanah liat peninggalan bangsa Sumeria tahun 2200 SM.
Bahkan ada yang percaya bahwa interaksi manusia dengan lidah buaya sudah berlansung sejak 4000 SM. ini dibuktikan dari adanya lukisan Aloe pada dinding makam dan kuil Raja-raja bangsa mesir.

     Bangsa mesir juga mewariskan 12 resep pengobatan menggunakan Aloe Vera dalam Papyrus yang ditulis pada 1150 SM. Bahkan peninggalan bersejarah yang ditemukan oleh George Ebers pada tahun 1862 tersebut masih bisa disaksikan di Universitas Leipzig di Jerman.

     Pengobatan dengan Aloe Vera juga tercatat dalam dokumen-dokumen sejarah pengobatan bangsa Arab, Yunani, India dan China yang bahkan mempercayai bahwa Lidah Buaya ampuh sebagai obat awet muda.

     Menurut penelitian Aloe Vera memang mampu memperbaiki sel rusak, bahkan ada juga yang menyebutkan bahwa Lidah Buaya bisa untuk mengatasi Impotensi, sebagai obat pencahar, mengobati luka dan lain-lain.

     Ahli Farmasi Romawi, Pedianos Dioscorides telah membuat diskripsi lengkap pertama tentang Lidah Buaya beserta khasiatnya yang bisa mengatasi sembelit, memar, sakit mata, luka pendarahan bahkan sebagai obat tidur.

     Manfaat lain dari Aloe Vera atau Lidah Buaya ini antara lain adalah

  • Untuk mencegah Kanker.
  • Atasi Asma.
  • Datang Bulan tidak teratur.
  • DLL