Umiku: Sejarah Bika Ambon

Tuesday, March 3, 2015

Sejarah Bika Ambon

Bika Ambon adalah sejenis penganan khas Propinsi Sumatera Utara atau lebih tepatnya dari Kota Medan.
Sedangkan kata Ambon dari nama kue ini, sengaja dipakai karena kue bika ini pertama kali dijual dan popular di simpang Jl Ambon – Sei Kera Medan, maka dari itu namanya menjadi Bika Ambon. Jadi bukan seperti yang dibayangkan banyak orang bahwa kue ini berasal dari Ambon Maluku.

Sebutan Bika Ambon muncul dari kebiasaan masyarakat yang dulu baru mengenal bika yang diproduksi di jalan Ambon, Medan. Sehingga penyebutan bika ambon akhirnya menjadi tradisi seiring dengan berkembangnya industri makanan ini.

Menurut sejarahnya Kue Bika Ambon ini diilhami dari kue khas Melayu yaitu Kue Bingka yang selanjutnya dimodifikasi dengan memberi bahan pengembang berupa Nira/Tuak Enau sehingga tekstur kue ini menjadi berongga alhasil tampilannya menjadi berbeda dengan kue Bingka khas Melayu tersebut.

Melihat perkembangannya, Kue yang berbahan telur, gula dan santan ini telah menjadi salah satu kue yang populer di Indonesia. Dan pada saat-saat tertentu akan menjadi salah satu kue terlaris dan diburu banyak orang, terutama pada waktu menjelang Hari Raya.

Apa sih keistimewaan Kue Bika Ambon ini ?
Selain bentuknya yang menarik berwarna kuning dan berongga mirip sarang tawon, rasanyapun sangat legit tidak kalah lezatnya dengan kue-kue populer lainnya.