Umiku: 6 Asupan Menyehatkan Paru-paru

Friday, July 25, 2014

6 Asupan Menyehatkan Paru-paru

1. Air

    Air membantu kelancaran aliran darah dari dan keluar paru-paru. Dengan minum air akan sangat baik untuk menjaga kesehatan paru-paru. Ini artinya air bisa membantu menghilangkan lendir yang terbentuk pada paru-paru serta menjaga paru-paru tetap terhidrasi. Karenanya jika kurang minum air akan membuat paru-paru menjadi kering dan lebih mudah terkena iritasi. 

2. Kacang-kacangan

     Kacang tanah, kacang buncis, ataupun biji-bijian kaya magnesium yang sangat dibutuhkan oleh paru-paru. Magnesium merupakan mineral penting yang dibutuhkan oleh paru-paru agar bisa berfungsi dengan baik. Selain itu, magnesium juga penting untuk kesehatan jantung.

3. Wortel

     Selain untuk kesehatan mata, ternyata wortel juga sangat bermanfaat untuk paru-paru. Wortel kaya vitamin A, C, lycopene, dan antioksidan yang baik untuk membantu kesehatan jantung. Mengkonsumsi wortel juga bisa menurunkan risiko terkena kanker paru-paru.

4. Sayuran hijau

     Sayuran hijau seperti kembang kol,brokoli, kubis, dan lainnya adalah salah satu makanan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan paru-paru. Sayuran ini diketahui bisa menurunkan risiko terkena kanker paru-paru. Sayuran tersebut mengandung klorofil yang bisa membersihkan dan membuat darah kaya akan antioksidan.


5. Minyak ikan

     Tak hanya baik untuk kecerdasan dan fungsi otak, ternyata minyak ikan juga sangat baik untuk kesehatan paru-paru. Penelitian mengungkap bahwa omega-3 yang ada dalam minyak ikan merupakan nutrisi penting yang sangat diperlukan oleh paru-paru.

6. Apel

     Apel mengandung banyak vitamin C, E, dan flavonoid yang meningkatkan fungsi paru-paru. Orang yang makan apel beberapa kali setiap minggu memiliki paru-paru yang lebih sehat dibandingkan orang yang tidak mengkonsumsi apel.