Umiku: Khasiat Bawang Bombay (allium ceva)

Saturday, August 2, 2014

Khasiat Bawang Bombay (allium ceva)

      Selain untuk pelengkap bumbu masakan, ternyata tumbuhan yang termasuk kedalam kelas Liliopsida atau berkeping satu ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita.   

     Bawang bombay atau dalam bahasa latinnya disebut allium ceva ini termasuk herba biennial  yang dibudidayakan sebagai tanaman annual atau semusim.



     Bawang bombay mempunyai bau khas yang lumayan menyengat, dikarenakan tanaman yang satu ini mengandung komponen sulfur yang cukup tinggi, sehingga bawang bombay kaya akan kandungan agen detoksifikasi.
  
     Apa saja sih manfaata yang bisa diambil dari tanaman yang termasuk kedalam "Famili Liliaceae atau bawang-bawangan ini ?

1. Jantung

      Bawang yang satu ini diketahui juga mengandung Quercetin yang berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Dari hasil sebuah penelitian yang dipublikasikan The Journal of Nutrition. Bawang bombay berperan penting dalam menjaga tekanan darah, pembekuan darah di arteri dan menjaga keelastisan arteri.

2. Kanker

     Bawang bombay juga dapat menurunkan risiko kanker. Efeknya bakal maksimal bila dikombinasikan dengan kunyit. Sebuah penelitian pada 2006 yang dipublikasikan Clinical Gastroenterology and Hepatology menyebutkan sinergi keduanya mampu menurunkan jumlah dan ukuruan sel kanker pada usus. Di samping itu, kombinasi bawang bombay dan kunyit membantu tubuh mendetoks sel-sel penyebab kanker.
 
3. Diabetes

     Allyl propyl disulphide, minyak esensial dalam bawang bombay, diketahui dapat memicu produksi insulin dalam tubuh sehingga menurunkan tingginya kadar gula darah (glukosa) yang disinyalir sebagai penyebab diabetes.

4. Asma

     Bawang bombay memiliki seperti efek antihistamine karena kandungan quercetin, antioksidan yang berfungsi sebagai agen antiperadangan. Dalam sebuah penelitian, quercetin terbukti mampu mencegah sel imuno mengeluarkan  histamine, bahan kimia penyebab reaksi alergi, salah satunya asma.

5. Gigi
     Baunya memang tidak enak, namun bawang bombay sangat berkhasiat bagi kesehatan gigi. Cukup menguyah bombay mentah dapat menguatkan gigi dan membunuh bakteri penyebab pembusukan.