Umiku: Mengenal Apa Itu Emulsifier Sekaligus Fungsinya ?

Tuesday, September 24, 2013

Mengenal Apa Itu Emulsifier Sekaligus Fungsinya ?

     Dalam setiap resep kue maupun cake, sudah barang tentu akan kita temukan satu bahan yang disebut Emulsifier. Bahan yang satu ini tidak boleh ketinggalan saat pembuatan kue ataupun cake, jika ingin hasilnya memuaskan.

     Kali ini yang akan kita sampaikan adalah tentang apa itu emulsifier sekaligus apa sih fungsi sebenarnya agar selanjutnya kita bisa memahami cara pengaplikasiannya.

     Tapi sebelum kita bahas lebih jauh mengenai apa itu Emulsifier, alangkah baiknya kalo kita memahami terlebih dahulu, apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan EMULSI itu?

     EMULSI adalah proses pencampuran dua bahan yang sulit untuk disatukan, dalam hal ini yang dimaksud adalah Air dan Minyak
Karena dalam setiap pembuatan kue maupun cake, pasti ada dua unsur Air dan Minyak yang bisa berasal dari margarin ataupun mentega, dan tentunya meskipun sulit menyatu, mau tidak mau keduanya harus kita satukan, agar hasil pembuatan kue ataupun cake kita menjadi sempurna.
Nah disinilah saatnya kita butuh bahan yang bisa membantu kita untuk menyatukannya, yaitu Emulsifier.

     EMULSIFIER adalah bahan yang berfungsi untuk menstabilkan emulsi (proses pencampuran) kedua bahan tersebut. Karena tanpa emulsifier, campuran Air dan Minyak tersebut menjadi tidak stabil sehingga akan mudah terpisah.

CAKE EMULSIFIER yaitu bahan pengemulsi yang dikhususkan untuk pembuatan kue dan cake.
Selain  fungsinya sebagai pelembut adonan sehingga kue menjadi lebih empuk, emulsifier ini bisa pula menjadi Cake Improver karena sifatnya yang mampu menambah volume adonan, sehingga dengan demikian penggunaan telur dapat dikurangi.


     Demikian ulasan kita kali ini mengenai emulsifier, sengaja tidak kita bahas lebih jauh tentang komposisi dari produk diatas utamanya mengenai halal dan haramnya., karena dikhawatirkan akan memojokkan merk dagang tersebut.
Yang terpenting dari pembahasan kali ini adalah kita bisa mengetahui tentang Emulsifier sekalian dengan fungsi dari bahan tersebut.
     
     Terkait memilih bahan yang berhubungan dengan halal dan haram, semua dikembalikan kepada diri kita masing-masing, mana bahan yang sesuai dengan kebutuhan kita. 
Dalam hal ini alangkah baiknya kalau kita bersikap bijaksana.
 

Sekian dan terima kasih

Semoga Bermanfaat...